Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

KAPULAGA





Kapulaga, Redakan Gejala Masuk Angin—Mulas dan Kembung 



Hawa dingin, terutama pada musim hujan, sering membuat kesehatan perut terganggu akibat masuk angin. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak obat alami yang bisa diandalkan untuk mengobatinya, termasuk pengobatan dengan herbal. Misalnya, dengan tanaman Kapulaga. Sebagai tanaman obat keluarga (TOGA), tanaman Kapulaga dipercaya ampuh mengatasi gejala masuk angin, seperti perut mulas dan kembung.

Tidak banyak yang tahu bentuk tanaman Kapulaga karena keberadaannya memang jarang dijumpai di sekitar kita. Tanaman Kapulaga tumbuh baik pada ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut dan banyak dibudidayakan di beberapa daerah di Jawa Barat seperti Sukabumi dan Tasikmalaya.
Di Indonesia, tanaman Kapulaga mulai dibudidayakan sejak tahun 1985. Sedangkan, asal tanaman berkhasiat ini diketahui berasal dari pegunungan Malabar di pantai barat India.
Tanaman dengan nama latin Amomum cardamomum L. ini, merupakan tanaman semak dengan tinggi mencapai tiga meter. Daunnya memiliki ujung runcing dengan panjang sekitar 25-35 cm dan lebar 10-12 cm. Ada dua jenis tanaman Kapulaga yang sering ditemui yaitu Kapulaga merah dan Kapulaga putih.
Tanaman Kapulaga memiliki bunga dan buah yang khas. Bunganya berbentuk bongkol di pangkal batang dengan mahkota menyerupai tabung. Bunga Kapulaga sendiri berwarna putih dengan garis cokelat.
Ciri-ciri fisik buah Kapulaga dibedakan berdasarkan jenis tanamannya. Tanaman Kapulaga merah memiliki kulit buah berwarna putih kemerahan. Sedangkan, Kapulaga putih memiliki rambut atau serat halus pada kulit buahnya. Buah Kapulaga memiliki diameter sekitar 2 cm dan paling baik dipetik saat warnanya sudah berubah menjadi hijau kekuning-kuningan.

Buah Kapulaga Singkirkan Mulas dan Kembung
Bagian yang paling banyak dimanfaatkan dari tanaman Kapulaga adalah buahnya, baik sebagai bumbu rempah maupun sebagai obat herbal yang berkhasiat. Kandungan berkhasiat dalam buah Kapulaga meliputi minyak atsiri, minyak lemak, protein, dan zat pati.
Sifatnya yang menghangatkan seperti Jahe, diketahui berkhasiat untuk mengobati perut kembung dan membantu menghilangkan rasa mulas akibat masuk angin. Anda yang takut pada bau jamu tidak perlu khawatir, karena buah Kapulaga dikenal dengan aroma sedapnya yang khas.
Lantas, bagaimana cara mengolah buah Kapulaga untuk mengatasi gejala masuk angin? Berikut merupakan cara mengolah buah Kapulaga untuk obat kembung dan mulas akibat masuk angin.
  • Cuci bersih buah Kapulaga yang baru dipetik.
  • Keringkan buah Kapulaga dengan cara diangin-anginkan.
  • Jangan biarkan terkena sinar matahari langsung dan terlalu lama dikeringkan.
  • Sangrai 7 butir buah Kapulaga dan 10 biji Jati belanda.
  • Tumbuk kasar semua bahan tersebut.
  • Kemudian, bahan-bahan tersebut dapat diseduh dengan 100 ml air.
  • Saring ampasnya dan minum secara rutin sampai rasa mulas dan kembung hilang.
Itulah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengolah buah Kapulaga untuk guna menyembuhkan perut mulas dan kembung. Langkah pengobatan yang sangat murah dan mudah tentunya, karena tanaman ini bisa Anda dapatkan langsung di pasar atau tempat lainnya yang menjual berbagai tanaman herbal. Lakukan pengobatan dengan tanaman ini secara konsisten dan persisten untuk mendapatkan hasil terbaik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar